Jumat, 03 Desember 2010

Review Paranormal Activity 2


Review
Paranormal Activity 2

Pemain :
• Sprague Grayden as Kristi Rey
• Molly Ephraim as Ali Rey
• Brian Boland as Dan Rey
• Jackson Xenia Prieto and William Juan Prieto as Hunter Rey


Sutradara : Tod Williams


Tanggal Rilis :
• 22 Oktober 2010 ( Di bioskop Amerika )
• 3 Desember 2010 ( Di bioskop Indonesia )

     Paranormal Activity adalah sebuah film horror documenter yang menjadi fenomena tersendiri tahun lalu. Dengan budget hanya US$ 15.000 saja, film ini akhirnya berhasil mengumpulkan total sekitar US$ 194 juta melalui peredarannya secara internasional. Walaupun film ini memiliki format yang hampir sama seperti film The Blair Witch Project, namun campaign nya tergolong unik dan juga berani untuk tampil beda. Film ini tidak langsung dirilis ke bioskop – bioskop Amerika, namun lebih memilih untuk ber – gerilya dari satu festival film ke festival film lainnya. Selain itu, film ini juga meng – campaign-kan filmnya via internet dengan cara mem – vote filmnya supaya bisa dibeli hak edarnya oleh negara atau lokasi yang menginginkan agar film ini bisa tayang di tempat mereka. Keberuntungan film ini akhirnya muncul setelah pendiri Dreamworks Studio, yaitu Steven Spielberg, secara pribadi melihat copy film ini dan secara tidak sengaja terkunci di ruang home theater di rumahnya dan memaksanya harus memanggil tukang kunci untuk membuka paksa pintu ruangan tersebut, padahal pintu tersebut awalnya baik – baik saja dan tidak ada masalah. Setelah itu, Spielberg pun tertarik untuk mengedarkan film ini secara luas di jaringan bioskop – bioskop besar di seluruh Amerika dan dia tidak segan – segan untuk menjadi sponsor film ini lewat perusahaannya, yaitu Dreamworks yang bekerjasama dengan Paramount Pictures. Akhirnya, setelah berita dari mulut ke mulut yang positif, ditambah buzz yang sangat kencang di Amerika, film ini pun laris manis di pasaran pada saat diputar secara luas di jaringan bioskop – bioskop di Amerika. Film ini pun juga menjadi surprise movie pada ajang festival film horror dan animasi INAFFF di Indonesia tahun lalu dan sukses menakut – nakuti penonton. Kini, setelah filmnya laku keras, munculah sekuel filmnya, yaitu Paranormal Activity 2. Namun, orang dibalik kesuksesan Paranormal Activity pertama, yaitu Oren Peli, menolak untuk menggarap sekuelnya dan lebih berkonsentrasi untuk menjadi produser film ini. Kursi sutradara akhirnya jatuh ke tangan Tod Williams dan filmnya tetap mengambil sudut pandang kamera digital sebagai saksi bisu kejadian – kejadian paranormal tersebut.

     Film ini berkisah tentang 1 keluarga yang terdiri dari seorang ayah, ibu, anak tiri, serta seoang anak bayi yang tinggal di sebuah rumah. Sang ayah bernama Dan ( Boland ) adalah seorang duda beranak satu dengan karier cemerlang yang menikah dengan seorang wanita bernama Kristi ( Grayden ). Kristi baru saja melahirkan seorang anak bayi yang diberi nama Hunter ( Prieto ) yang merupakan buah cintanya dengan Dan. Semuanya tampak normal sekembalinya Kristi dari rumah sakit, namun, akhirnya semua berubah menjadi sebuah kejadian yang tak terduga. Diawali dengan kejadian pencurian aneh yang terjadi di rumah Dan dan Kristi. Anehnya, semua harta benda yang berharga tidak digasak. Hanya 1 barang kecil kesayangan Kristi saja yang hilang. Setelah itu, kejadian – kejadian aneh menimpa keluarga ytang harmonis ini. Panci yang jatuh secara tiba – tiba, lampu mainan di atas ranjang Hunter yang berputar sendiri, suara – suara aneh yang ada di dalam rumah, dan masih banyak kejadian – kejadian aneh lainnya yang menghantui rumah mereka. Anak kandung Dan, yaitu Ali berusaha untuk memperingatkan sang ayah agar segera keluar dari rumah ini, namun sang ayah tidak menggubris. Semakin lama, gangguan semakin hebat dan semakin mengerikan saja. Apa yang sebenarnya terjadi di rumah mereka dan apa penyebab kejadian – kejadian mengerikan tersebut? Bagaimanakah akhir nasib dari keluarga kecil harmonis yang satu ini? 

     Untuk menikmati suasana ke – horror – an film ini, 1 hal yang harus anda lakukan, yaitu mengetahui seminim mungkin informasi yang berhubungan dengan film ini. Jangan pernah mencari lebih jauh mengenai informasi mendetail untuk film ini. Cukup synopsis singkatnya saja dan penilaian film ini yang MINUS SPOILER! Kenapa hal ini harus dilakukan? Well sebenarnya film ini memiliki banyak kejutan di sektor cerita di sepanjang filmnya. Kejutannya apa? Anda harus menontonnya sendiri. 

      Pergantian sutradara di film Paranormal Activity 2 ini dirasa tidak bermasalah. Namun, akibat pergantian sutradara, film ini jadi memiliki sebuah warna horror dan eksekusi cerita yang berbeda antara sutradara Paranormal Activity 1, yaitu Oren Peli, dengan Williams. Jika Oren Peli cenderung lebih suka untuk menaku nakuti penonton dengan menaikkan tempo ketegangan secara perlahan, maka Williams lebih suka menggeber rasa takut penonton sejak awal film bergulir. Dimulai dari adegan pencurian yang aneh yang terjadi di rumah Kristi dan Dan, Williams mengajak penonton untuk menaruh rasa curiga, “apa yang sebenarnya terjadi???” di dalam benak penonton. Lama kelamaan Williams menguji adrenalin penonton secara pelan namun pasti, menjaga ketegangan yang ada, serta mulai membuka kejutan – kejutan di film ini secara satu persatu. Dengan cara demikian, film Paranormal Activity 2 justru terasa lebih ringan dan enak untuk dinikmati karena penonton sudah diajak untuk ikut berinteraksi dengan cerita film ini. Adegan – adegan mengerikannya juga dirasa bagus dan juga cukup mengerikan. Selain itu, jika di Paranormal Activity pertama hanya mengambil sudut pandang kamera digital sebanyak 1 buah saja, maka di sekuelnya ini, kita akan melihat film ini melalui 5 hingga 6 buah sudut pandang kamera pengawas dan juga tentunya sebuah kamera digital, sehingga penonton dijamin tidak akan bosan dan mampu untuk menangkap semua detail mengerikan yang terjadi di dalam rumah tersebut.

       Overall, tidak seperti biasanya, untuk review saya terhadap film ini tergolong sedikit sekali. Namun, saya berkomitmen bahwa saya tidak akan pernah memberikan spoiler apapun kepada anda, para movie freaks. Selain itu, seperti yang saya katakan di awal, untuk menikmati film P.A 2 ini, ada baiknya anda mencari info seminimal mungkin mengenai film ini. Yang pasti, jika anda menyukai Paranormal Activity yang pertama, pasti anda akan menyukai Paranormal Activity 2 ini juga dan pastinya, anda akan terkaget – kaget sendiri dengan ceritanya. Bisa dikatakan, Tod Williams berhasil mengerjakan PR ( pekerjaan rumah ) maha berat untuk mempertahankan kualitas Paranormal Activity 2 agar sama menyeramkannya dengan Paranormal Activity 1 dengan baik, dan dia terlihat percaya diri untuk mengekesuksi film ini dengan gayanya sendiri. Walaupun kita terlambat sekitar 1 bulan setengah dibanding dengan jadwal rilis di Amerika nya, namun ketika selesai menyaksikan film ini, anda dijamin akan puas dan merasa worth it dengan pengorbanan anda menunggu film ini beredar di bioskop Indonesia dan membayar tiket film ini. So, butuh film yang mampu menguji adrenaline dan rasa takut anda di minggu ini? Atau ingin mengerjai kekasih anda yang takut dengan film horror dengan mengajaknya menonton film ini secara diam – diam? Atau anda merupakan seorang horror freak atau fans berat film Paranormal Activity 1, maka anda WAJIB untuk menyaksikan film Paranormal Activity 2 ini. Akhir kata, selamat menonton.

Point :
Cerita                      = 8 / 10
Pemain                   = 6 / 10
Kriteria khusus :
Unsur Horror dan 
Thrilling O-Meter = 8 /10
Eksekusi Cerita     = 8 /10
Total                     = 7,5 / 10


                                                                                                 Copyright : Alexander ”Ajay” Dennis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar