Rabu, 28 Juli 2010

Preview Salt


Preview

Salt ( Columbia Pictures_2010 )

Pemain :

Sutradara : Phillip Noyce

Rilis =

  • 23 Juni 2010 ( Amerika Serikat )
  • 28 Juni 2010 ( Main di Bioskop Indonesia )

Sudah 2 tahun sejak Angelina Jolie terakhir kali bermain sebagai tokoh tough girl lewat film Wanted. Yap. Aktris berusia 35 tahun ini memang sudah kadung dicap sebagai pemeran tokoh – tokoh tough girl sejak dia bermain dalam film yang diadaptasi dari game terkenal berjudul Lara Croft : Tom Raider pada tahun 2001 silam. Walaupun dia sudah sering berperan sebagai tokoh tough girl sejak film Hackers di tahun 1995, The Bone Collector pada tahun 1999, serta film Gone in 60 Seconds di tahun 2000, namun baru lewat film Lara Croft : Tomb Raider lah image nya sebagai tokoh tough girl benar – benar diraih olehnya. Orang – orang pun sudah keburu jatuh cinta dengan aksi tanpa kenal takutnya yang dicampur dengan image seksi dalam setiap film aksi yang dibintanginya. Tak ayal, Angelina pun akhirnya dicap sebagai aktris yang paling dicari untuk memerankan tokoh tough girl dalam film – film aksi yang membutuhkan seorang wanita sebagai tokoh utama dalam setiap film action.

Aktris yang memiliki badan serta bibir yang sensual serta mendapat predikat sebagai aktris paling cantik sejagad versi majalah Vanity Fair, People, dan majalah terkenal lainnya ini juga ternyata memiliki sisi lain dalam hidupnya, yaitu berjiwa dermawan serta peduli akan masalah – masalah sosial. Setiap ada bencana alam, ataupun ada masalah sosial yang terjadi di berbagai wilayah di seluruh dunia, aktris yang sudah kumpul kebo dengan aktor terseksi sejagad bernama Brad Pitt sejak tahun 2005 silam ini langsung datang ke tempat kejadian dan tak ragu untuk menawarkan bantuan, baik itu berupa bantuan sandang – pangan – papan, donasi uang, hingga bantuan tenaga pun rela dilakukan Jolie guna meringankan beban fisik, mental, dan juga psikis dari korban – korban bencana alam serta masalah sosial tersebut. Tak heran, PBB pun memanggilnya untuk menjadi duta UNHCR yang langsung diterimanya dengan tangan terbuka oleh Jolie. Hingga saat ini, Jolie pun tetap menjalankan tugas kemanusiaan yang diembannya dengan baik dan tanpa keluh kesah.

Kembali lagi ke soal film. Jolie kali ini akan bermain dalam film berjudul Salt arahan sutradara Phillip Noyce serta akan diproduseri oleh produser spesialis film – film action menghibur bernama Lorenzo di Bonaventura. Phillip Noyce adalah sutradara spesialis film – film action thriller yang menegangkan serta memiliki cerita yang rata – rata berbobot. Sedangkan Lorenzo di Bonaventura adalah produser handal yang selalu memproduseri beberapa film action ( baik yang bermutu hingga yang kurang bermutu ) yang rata – rata menghibur para penonton yang menyaksikan filmnya. Sebut saja film Doom, Constantine, Transformers, Transformers : Revenge of the Fallen, Shooter, G.I Joe : The Rise of COBRA adalah beberapa film action menghibur yang lahir dari tangan dingin produser berusia 43 tahun tersebut. Untuk ke depannya, Lorenzo di Bonaventura akan memproduseri film action Red pada September 2010 dan juga Transformers 3 untuk konsumsi Summer tahun 2011.

Sebenarnya, film ini direncanakan akan dibintangi oleh Tom Cruise. Samuel L. Jackson juga digosipkan duduk semeja dengan Cruise untuk mendengar dan melihat prospek naskah film Salt buatan Kurt Wimmer tersebut. Namun, Cruise dan Jackson kemudian menolak untuk bergabung dalam film ini. Phillip Noyce dan di Bonaventura pun lalu meminta Wimmer untuk sedikit merombak naskah buatannya agar bisa menarik Cruise untuk bergabung di proyek ini. Namun tetap saja Cruise menolak tawaran untuk bermain di film ini dengan alasan bahwa tokoh Salt yang akan diperankannya ternyata hampir mirip dengan tokoh Ethan Hunt yang diperankan oleh dirinya dalam trilogy film Mission Impossible. Selain itu, Cruise pun lebih tertarik untuk ikut terlibat dalam film action komedi romantis Knight and Day ketimbang bergabung dalam film Salt. Dalam kondisi yang membingungkan ini, petinggi Columbia Pictures, Amy Pascal, menyarankan Noyce serta Bonaventura untuk menghubungi aktris Angelina Jolie. Naskah dikirimkan ke Jolie pada bulan September 2009 dan Jolie tertarik dengan isi naskah film action yang sebelumnya sempat dipinang oleh sutradara Peter Berg dan juga Terry George ini. Dengan adanya harapan dari Jolie; Noyce, Wimmer, dan Bonaventura langsung rela untuk berangkat jauh – jauh dari Amerika ke rumah peristirahatan Jolie di Perancis guna meminta saran kepada Jolie tentang perubahan karakter, tokoh, serta perombakan cerita dengan tujuan agar Jolie mau bergabung di proyek film ini. Dengan bantuan Brian Helgeland dalam urusan pembentukan tokoh Salt yang baru untuk film ini, akhirnya Jolie benar – benar merasa puas dengan hasil naskhanya dan mau bergabung dalam film ini. Liev Schreiber dan Chiwetel Ejiofor pun memastikan diri untuk bergabung dalam proyek berbujet US$ 130 juta pada bulan Februari 2009. Syuting berjalan lancar pada bulan Maret sampai dengan Juni 2009, walaupun pada Mei 2009, syuting berhenti sementara akibat kecelakaan yang menimpa Jolie ketika sedang melakukan adegan berbahaya yang menyebabkan kepalanya cedera dan harus diperiksakan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis. Walaupun kepalanya sempat cedera, namun aktris seksi tersebut tidak pernah kapok untuk melakukan berbagai adegan stunt – nya sendirian tanpa menggunakan stuntwoman pengganti. Aktris yang satu ini memang selalu bersemangat untuk melakukan berbagai adegan berbahaya sendirian dalam setiap film – film action yang dibintanginya, walaupun tetap disediakan stuntwoman oleh pihak studio untuk berjaga – jaga. Khusus untuk adegan kejar – kejaran di jalan raya, sebuah jalan raya Water Street dekat Interstate 787 di Albany ditutup pada jam – jam tertentu guna keperluan syuting pada bulan April sampai dengan Mei 2009. Sisanya, syuting banyak dilakukan di New York dan Washington D.C.

Film Salt bercerita tentang seorang agent CIA cantik dan juga tangguh bernama Evelyn Salt ( Jolie ). Sebagai seorang agent CIA handal yang sangat disegani dan dihormati oleh para petinggi CIA dan juga rekan – rekan kerjanya, Salt sering berkutat pada misi – misi rumit dan berbahaya yang terkadang bisa membahayakan jiwanya. Hingga suatu ketika, Salt dihadapkan pada sebuah misi dimana dia harus menginterogasi seorang agent pengkhianat asal Rusia bernama Orlov ( Olbrychski ). Orlov menyatakan bahwa akan ada percobaan pembunuhan Presiden Amerika oleh seorang agent KGB Rusia yang menyamar sebagai seorang agent CIA dan dia menyebutkan, bahwa agent ganda tersebut bernama Evelyn Salt!! Agen – agen CIA yang terkejut dengan hal tersebut pun mulai mengejar Salt untuk ditangkap dan diinterogasi lebih lanjut. Partner Salt, yaitu agent Ted Winter ( Schreiber ), mau tak mau memburu Salt guna mendapatkan kejelasan informasi lebih lanjut. Dibantu dengan seorang agent Office of the National Counterintelligence Executive (ONCIX) bernama Peabody ( Ejiofor ), Winter pun berusaha untuk menangkap Salt. Salt yang tidak terima dengan hal tersebut, berusaha kabur dari kejaran aparat keamanan se – Amerika serta berusaha untuk mengungkap siapa yang telah menjebak dirinya serta berusaha untuk membersihkan namanya. Selain mengejar dan berusaha menangkap Salt, Winter dan Peabody berusaha untuk menemukan semua informasi yang berhubungan Salt serta mencari tahu apa yang terjadi sebenarnya. Akhirnya, mereka semua sampai pada sebuah pertanyaan : siapakah Salt sesungguhnya? Apakah Salt adalah agen ganda KGB yang dikatakan oleh Orlov? Untuk mengetahui jawabannya, tonton aja deh film action thriller super tegang ini di bioskop – bioskop kesayangan anda. He3. XD.

Sebagai sebuah film action thriller, Salt pastinya adalah film yang komplit disegala sisi. Cerita yang mengundang rasa kepenasaran penonton, adegan – adegan action menghibur, adu kucing – kucingan menarik antara Salt dengan berbagai pihak keamanan Amerika, dukungan pemain – pemain yang menarik, serta tentunya, arahan dari sutradara spesialis film action thriller Philli Noyce dan juga produser handal Lorenzo di Bonaventura. Hasil karya film – film action thriller Phillip Noyce sebelumnya adalah Patriot Games dan Clear and Present Danger ( keduanya adalah film yang diangkat dari novel terkenal karya Tom Clancy dengan tokoh utama yang sama bernama Jack Ryan ), The Saint, The Bone Collector ( bersama Angelina Jolie dan Denzel Washington ), serta masih banyak lagi film action thriller lainnya. Dari resume film diatas, dipastikan penonton akan bisa terbawa rasa seru, penasaran, serta rasa tegangnya film Salt ini. Selain itu, Jolie yang memang sudah pernah bekerjasama dengan Noyce sebelumnya, pastinya sudah mengerti dengan cara kerja Noyce, sehingga dipastikan akan menghasilkan film yang akan memuaskan banyak pihak.

Diluar semua unsur positif tersebut, terselip kekhawatiran, apakah cerita, twist plot, hingga kejutan di film ini memang akan sedahsyat yang digadang – gadangkan oleh Noyce, Bonaventura, dan juga Jolie? Ada kalanya ketika sebuah film yang digadang – gadangkan akan memiliki sebuah kejutan seru dalam ceritanya, justru tidak seseru dan se-mengejutkan yang dijanjikan oleh pihak – pihak yang terlibat dalam film tersebut. Akibatnya, penonton pun bisa jengkel dan memberi review yang buruk terhadap film tersebut. Jika hal tersebut terjadi, maka pendapatan film tersebut di tangga Box Office pun bisa saja menjadi drop dan filmnya menjadi tidak laku di pasaran. Selain itu, Phillip Noyce juga sudah 8 tahun belakangan ini tidak pernah menghasilkan film – film action thriller yang sukses di tangga Box Office dan lebih memilih untuk berkonsentrasi di jalur seri TV. Hal ini bisa saja menyebabkan Salt menjadi film yang kurang greget dibanding promosinya karena pengarahan Noyce yang ( takutnya ) menurun dibanding ketika dia masih aktif menjadi sutradara film – film action thriller dulu. Dan terakhir, jadwal edar film ini sebenarnya tergolong pintar dengan cara menghindari persaingan man-to-man melawan film fiksi ilmiah Inception dan film keluarga Cats and Dogs : The Revenge of Kitty Gallore serta sengaja dirilis pada akhir Juli untuk memberikan ruang bagi para penggemar World Cup 2010 supaya bisa mengikuti ajang sepak bola yang dikenal di Indonesia dengan sebutan Piala Dunia ini sampai tuntas. Namun, sayangnya, perbedaan yang hanya seminggu setelah Inception serta seminggu sebelum Cats and Dogs, membuat film ini terkesan dalam kondisi terjepit dalam persaingan di tangga Box Office Amerika. Hasilnya, film Salt gagal untuk menjadi raja pada tangga Box Office Amerika senin silam ( kalah bersaing dengan film Inception ), walaupun memperoleh hasil yang tidak mengecewakan ( Inception memperoleh pendapatan US$ 42,8 Juta; sedangkan Salt memperoleh US$ 36 Juta ) dan diperkirakan akan menembus angka US$ 100 juta serta dipastikan akan balik modal.

Overall, diluar semua nilai negatif tersebut, film Salt tetap merupakan film yang WAJIB ditonton untuk akhir bulan Juli ini. Film ini pastinya akan menghibur anda dengan adegan action yang seru, menghibur, dan juga dengan cerita yang bisa membuat kita bertanya – tanya. Asal film ini dieksekusi dengan pas dan juga jawaban misteri yang memuaskan penonton, penonton pastinya akan tertarik dengan film ini dan memberikan nilai positif untuk film ini kepada teman – temannya. So, bagi anda penggemar berat aktris seksi Angelina Jolie, atau sedang butuh film hiburan full action dengan cerita berbobot, atau suka dengan genre film kejar – kejaran dan kucing – kucingan antara seorang agen penegak hukum pemerintah dengan aparat penegak hukum 1 negara seperti layaknya trilogy film Bourne, atau mungkin anda sedang butuh film yang bisa ditonton berdua saja dengan pasangan anda setelah anda menemani keponakan atau anak – anak anda menonton film Cats and Dogs : The Revenge of Kitty Galore di bioskop, maka Salt adalah film yang pas dan WAJIB untuk anda tonton pada minggu ini. Akhir kata, selamat menonton.

Copyright : Alexander ”Ajay” Dennis

Trailer 1:


Trailer 2:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar