Rabu, 11 November 2009

It’s all about INAFFF 2009

     Yes…….Akhirnya, INAFFF 2009 datang juga. Festival film horror dan animasi terseru di Indonesia yang dulunya bernama Screamfest ini akhirnya digelar lagi di bulan November 2009 ini. Tetap dengan pakem festival film horror yang kental serta animasi, baik dari Jepang maupun dari negara lain, yang seru dan menarik untuk ditonton, INAFFF 2009 siap untuk menakut – nakuti para penonton film – film horror dan juga menghibur para pecinta film animasi. Tahun ini, INAFFF menawarkan 35 pilihan film, baik film bergenre Horror, Animasi, Action, dll, yang bisa dipilih oleh para penonton. List ke 35 film itu adalah :
1. Blankslate ( Drama / Thriller / Action; USA)
2. Blood Ties/Huan Hun ( Horror; Singapore )
3. Dead Snow ( Action / Drama / Horror; Norwegia )
4. Death Bell ( Thriller; Korea )
5. Fear(s) of the Dark ( Animasi / Drama / Horror / Thriller; Prancis )
6. George a Romero's Deadtime Stories ( Horror; USA )
7. Halloween : 25 Years of Terror ( Documentary / Horror; USA dan UK )
8. HIDDEN/Skjult ( Horror; Norwegia )
9. High Kick Girl / Hai kikku garu ( Action; Jepang )
10. His Name Was Jason: 30 Years of Friday the 13th (Documentary / Horror; USA )
11. Hush ( Thriller; UK )
12. I Sell the Dead ( Comedy / Horror; USA )
13. It’s Alive ( versi Remake ) ( Horror; USA )
14. Kenny Begins ( Action / Comedy / Sci – Fi; Swedia )
15. Long Weekend (Drama / Horror / Thriller; Australia )
16. M.W ( Drama / Thriller; Jepang )
17. Meat Grinder ( Drama / Thriller / Horror; Thailand )
18. Merantau : International Cut ( Drama / Action; Indonesia )
19. Metropia ( Animation / Sci – Fi; Sweden, Denmark, Norway, Finlandia )
20. Musashi : The Dream Of The Last Samurai ( Animation / Action; Jepang )
21. Pandorum ( Sci – Fi / Horror; USA )
22. Phobia 1 dan 2 ( diputar secara Back to Back alias simultan full selama 4 jam tanpa henti ) ( Horror / Thriller; Thailand )
23. Pintu Terlarang ( Thriller; Indonesia )
24. REC 2 ( Horror / Thriller; Spanyol )
25. Rumah Dara : Macabre ( Horror / Thriller; Indonesia )
26. Sauna / Filth ( Horror; Finlandia )
27. Skeleton Crew ( Horror; Finlandia )
28. The Descent Part 2 ( Adventure / Horror / Thriller; UK )
29. The Echo ( Drama / Horror / Mystery / Thriller; USA )
30. The Forgotten Ones (Action / Thriller / Adventure / Horror; USA )
31. The Fourth Kind ( Thriller / Sci – Fi; USA )
32. Vampire Girl VS Frankstein Girl ( Action / Horror / Comedy; Jepang )
33. Yatterman (Action / Comedy; Jepang )
34. Surprise Movie yang sampai saat ini masih belum tahu filmnya apa ( namanya juga Surprise Movie. He3. XD. )
35. Special Screening

     Dari ke 35 List film yang ada, saya pribadi memilih Rumah Dara : Macabre, REC 2, The Descent part 2, Musashi : The Dream Of The Last Samurai, Fear(s) of the Dark, Pandorum, The Fourth Kind, film Special Screening, serta Surprise Movie. Sayangnya, yang Rumah Dara : Macabre serta The Fourth Kind tidak diputar di Bioskop BlitzMegaplex Mall of Indonesia ( hanya diputar di BlitzMegaplex Grand Indonesia ) yang notabene tempatnya lebih dekat dengan tempat tinggal saya. Selain itu, saya pun juga agak sedikit kecewa karena ada 2 film pilihan saya yang tidak masuk ke festival INAFFF 2009 ini, yaitu Saw 6 dan Evangelion 2.0 : You Can ( Not ) Advanced. Padahal, tahun lalu, INAFFF memutar loh film Saw 5 dan Evangelion 1.0 : You Are ( Not ) Alone. Hiks2. T_T.
     Kayaknya gak ada salahnya mem-preview film – film INAFFF 2009 pilihan saya ini.

Fear(s) of the Dark
Director 
Blutch
Charles Burns
Cast 
Gil Alma
Aure Atika
François Creton
Guillaume Depardieu
Duration 
85 min
Release 
2008
Genre 
Animation, Drama, Horror, Mystery
Country 
France
Language 
French

Kompilasi 6 film pendek animasi dari 6 artis komik/graphic terkenal di Prancis, dengan nuansa hitam putih yang menyajikan beberapa pemikiran Sartre dan Kafka. Seorang pemuda yang jatuh cinta pada wanita yang salah dan penuh misteri. Sebuah kota dimana seluruh penduduknya tiba-tiba hilang. Seorang gadis kecil Jepang yang dipenuhi mimpi buruk. Seorang lelaki yang impiannya tidak pernah tercapai. Cerita-cerita pendek ini disambung dengan cerita seorang lelaki dengan senyumnya yang licik dan 4 anjingnya yang sangar serta monolog seorang wanita tentang ketakutannya.




Musashi : The Dream Of The Last Samurai 
Director 
Mizuho Nishikubo
Writer 
Mamoru Oshii
Duration 
71 min
Genre 
Anime
Country 
Japan
Language 
Japan
Dari mastermind Mamuro Oshii yang terkenal lewat Ghost In the Shell dan animator Jepang Kazuto Nakazawa yang terkenal lewat segmen anime di film Kill Bill Vol.1, ini adalah film anime yang paling ditunggu-tunggu tahun ini. Mengisahkan kisah hidup tokoh samurai legendaris Miyamoto Musashi (1584-1645) dan tulisan yang dihasilkannya yaitu “ The Book of Five Rings”. Film ini menggabungkan teknik animasi 2D, 3D CGI dan live action dan style anime dengan teknologi visual yang menakjubkan.

Pandorum
Director 
Christian Alvart
Cast 
Dennis Quaid , Ben Foster 
Duration 
108 min
Release 
2009
Genre 
Sci Fi/ Horror
Country 
USA
Language 
English

Dua awak kapal terbangun di dalam kapal angkasa yang kosong, tanpa tahu identitas masing-masing, berapa lama mereka telah tertidur atau apa misi mereka. Tak lama kemudian, keduanya mulai sadar bahwa mereka tidak sendirian di dalam kapal tersebut - dan kenyataannya lebih menyeramkan dari apa yang mereka bayangkan.




REC 2
Director
Jaume Balagueró
Paco Plaza
Writer 
Jaume Balagueró (written by)
Manu Díez (written by)
Cast 
Manuela Velasco
Leticia Dolera
Ferran Terraza
Duration 
89 min
Release 
2009
Genre 
Horror
Country 
Spain
Language 
Spanish

Sukses menjadi film terlaris di Spanyol thn 2008, REC sempat pula dibuat remakenya oleh Holywood berjudul Quarantine. Ini adalah kelanjutan dari film sebelumnya yang berakhir dengan matinya kamera seorang reporter TV. Terjebak dalam apartemen yang dikarantina oleh Departemen Kesehatan karena tersebarnya virus rabies yang merubah manusia menjadi monster. Kali ini 4 orang tim SWAT mendobrak masuk ke dalam dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, menggunakan kamera yang diletakkan di helm pengaman mereka, rasakanlah ketakutan yang meneror dari segala kebengisan yang terjadi di dalam apartemen itu ¡!



Rumah Dara : Macabre
Director 
Kimo Stamboel
Timo Tjahjanto
Writer 
Kimo Stamboel (writer)
Timo Tjahjanto (writer)
Cast 
• Ario Bayu
• Shareefa Daanish
• Julie Estelle
• Ruly Lubis
• Daniel Mananta
• Mike Muliadro
Duration 
95 min
Release 
2009
Genre 
Horror
Country 
Indonesia
Language 
Indonesia

Rumah Dara menceritakan pengalaman paling mencekam 6 orang teman lama.

Adjie dan Astrid, pasangan suami-istri muda yang akan memulai hidup baru di Asutralia pergi ke Bandung bersama tiga orang temannya Jimmy, Eko dan Alam. Mereka pergi ke Bandung untuk berpamitan dengan Ladya, adik kandung dari Adjie.. Hubungan Adjie dan Ladya sebenarnya kurang harmonis semenjak kematian orang tua mereka. Dengan usaha keras, Adjie pun berhasil membujuk Ladya dan mau mengantarkannya ke Bandara. Saat menuju bandara, mereka menemukan seorang wanita bernama Maya yang sedang mengalami musibah perampokan. Mereka pun mengantarkan Maya ke rumahnya.

Disana, mereka disambut baik oleh penghuni rumah. Seorang perempuan anggun bernama Dara dan menawan mempersilahkan menikmati makan malam yang telah disediakan. 

Disinilah pengalaman buruk 6 orang teman lama dimulai. Kebaikan hati penghuni rumah menjadi awal bencana di hari kelam itu. Mereka pingsan setelah menyantap makanan tersebut dan mendapati diri mereka terkurung ketika tersadar.

Kebaikan hati, kemurahan hati dan senyum manis berubah drastis di keluarga tersebut. Mereka menjadi pembunuh yang keji. Keenam orang tersebut terjebak dalam situasi mencekam dimana satu persatu mereka dibantai secara sistematis. Mereka harus berjuang melarikan diri dari rumah tersebut. Akankah mereka berhasil? Siapakah Dara dan keluarga tersebut? pertanyaan ini akan terjawab jika kalian menonton utuh film ini.



The Descent Part 2
Director 
Jon Harris
Writer 
J Blakeson, James McCarthy 
Cast 
• Shauna Macdonald
• Natalie Jackson Mendoza
• Krysten Cummings
Release 
2009
Genre 
Adventure | Horror | Thriller 
Country 
UK
Language 
English

Merupakan sekuel dari film horror UK yang terkenal secara internasional, film The Descent 2 melanjutkan perjalanan Sarah Carter, satu – satunya korban selamat dari film The Descent yang pertama. Sarah Carter berhasil menyelamatkan diri dari gua bawah tanah tempat ia mengalami kejadian buruk! Karena masih shock, Sarah tidak mampu menceritakan kepada pihak berwenang apa yang menimpanya. Dia pun dipaksa kembali ke dalam gua itu untuk membantu polisi mencari teman-temannya yang hilang! Disanalah semua ingatannya kembali, mengapa dan bagaimana ia beserta timnya mengalami berbagai teror dan dibunuh satu persatu oleh mahkluk gua menyeramkan Crawlers. Tim ekspedisi baru pun kembali menjadi korban!



The Fourth Kind
Director 
Olatunde Osunsanmi
Writer 
Olatunde Osunsanmi
Cast 
• Milla Jovovich 
• Elias Koteas 
• Will Patton 
Duration 
95 min
Release 
2009
Genre 
Sci Fi
Country 
USA
Language 
English

Film ini berdasarkan kisah nyata tentang para penduduk desa di Alaska yang menghilang. Kejadian misterius ini menimbulkan dugaan bahwa makhluk luar angkasa punya andil menculik dan melakukan semua ini. Sampai saat ini tidak ada bukti konkrit nyata kasus ini benar adanya, kecuali rekaman aneh hasil wawancara beberapa saksi mata. Film ini berhasil menjadi film yang dengan menggabungkan fiksi dan realita lewat rekonstruksi adegan berikut rekaman asli yang diedit secara bergantian.



     Demikian sekilas tentang film – film di INAFFF 2009 yang menjadi pilihan saya. Saya sudah membeli tiketnya yang sudah di pre – sale dari 30 Oktober – 1 November 2009 dan tanggal 6 – 12 November 2009 ( Ayo, beli tiketnya sebelum kehabisan. He3. XD ). Walaupun yang saya pilih hanya beberapa saja, tapi anda – anda jangan berpaku pada film – film pilihan saya ya. Film di INAFFF 2009 ini pun yang lain pun juga tak kalah serunya kok, jadi anda silakan untuk bebas menentukan film – film di INAFFF 2009 yang akan anda tonton. Pastinya, welcome INAFFF 2009 and audiences, prepare to scream very loud!!!!. He3. XD.
NB : info lebih lanjut bisa dilihat di http://www.inafff.com/2009/


Copyright : Alexander Ajay Dennis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar