Kamis, 11 Maret 2010

Preview Green Zone


Preview 
Green Zone ( Universal Pictures_2010 )

Pemain : Matt Damon as Roy Miller 
Nicoye Banks as Perry 
Amy Ryan as Lawrie Dayne 
Greg Kinnear as Clark Poundstone 
Brendan Gleeson as Martin Brown
Jason Isaacs as Briggs


Sutradara : Paul Greengrass

Rilis =
• 12 Maret 2010 ( Amerika )
• 12 Maret 2010 ( Main di Bioskop Indonesia )

     Kejadian 9/11 di Amerika sekitar 9 tahun lalu merupakan pukulan telak bagi Amerika. Tak Cuma pukulan telak bagi warga negaranya saja, tapi juga merupakan tamparan keras bagi badan intelejen Amerika Serikat yang terkenal solid dan canggih. Sejak saat itu, tindakan balasan dari Amerika adalah berusaha untuk menginvasi Irak dan kemudian berusaha untuk mengamankan Irak agar tidak menyerang Amerika kembali. Salah satu topik hangat yang waktu itu dikemukakan oleh Amerika adalah bahwa adanya senjata pemusnah massal di Irak dan Amerika berusaha untuk mencari senjata pemusnah massal tersebut. Tema pencarian senjata pemusnah massal inilah yang menarik untuk diangkat menjadi sebuah cerita dan akhirnya, pada tahun 2006 buku non-fiksi berjudul Imperial Life in the Emerald City karangan Rajiv Chandrasekaran, yang merupakan seorang jurnalis dari koran The Washington Post. Tema cerita yang ada di buku ini menarik Paul Greengrass untuk mengadaptasinya ke bentuk film. Proses penyempurnaan skrip berjalan 1 tahun dan aktor Matt Damon pun langsung setuju untuk bergabung dengan proyek ini. Begitu juga dengan para aktor aktris penudukung lainnya langsung setuju bergabung untuk proyek ini. Produksi berjalan agak sedikit terhambat, dari yang mulanya direncanakan untuk memulai syuting pada akhir tahun 2007, akhirnya produksi baru berjalan pada Januari 2008 dan selesai pada Desember 2008.
     Film Green Zone ini berkisah tentang masa pendudukan tentara Amerika di Irak, tepatnya pada tahun 2003. Chief Warrant Officer Roy Miller (Matt Damon) dan timnya dikirim ke Irak untuk menemukan senjata pemusnah massal. Roy diperintahkan untuk membantu seorang senior CIA officer bernama Gordon Brown (Brendan Gleeson ) guna mendapatkan senjata pemusnah massal tersebut. Dibantu dengan Clark Poundstone (Greg Kinnear), seorang Pentagon Special Intelligence dan juga Lawrie Dayne (Amy Ryan), seorang koresponden dari surat kabar The Wall Street Journal yang menyelidiki tentang adanya senjata pemusnah massal di Irak yang dikemukakan oleh Amerika, Roy pun mulai menjalankan misinya di negara yang sedang ”panas” tersebut. Tapi, semakin lama dia menjalankan misinya, semakin banyak pula dia menemukan penyimpangan – penyimpangan tentang misi pencarian senjata pemusnah massal di Irak tersebut. Kerahasiaan misi yang tertutup rapat, keganjilan – keganjilan dalam misinya, fakta – faka yang sedikit – sedikit mulai terkuak, serta adanya kemungkinan pengkhianatan di dalam tubuh militer Amerika sendiri pun membuat Roy sadar bahwa misi ini adalah misi yang aneh, ganjil, dan berbahaya. Akhirnya, Roy pun harus menghadapi kenyataan yang ada serta harus memilih, apakah dirinya tetap harus menjalankan misi yang diperintahkan kepada dirinya atau tidak, serta berjuang untuk keluar dan bertahan hidup dari misi yang semakin lama semakin mengancam hidupnya tersebut.
     Tema cerita film ini termasuk menarik dan juga cukup up-to-date dengan keadaan sekarang ini. Senjata pemusnah massal yang diberitakan oleh Amerika sampai saat ini belm ditemukan oleh pihak Amerika. Tapi, di tangan Paul Greengrass yang berpengalaman membuat film action thiller, pastinya film ini akan membuat anda penasaran dengan misteri yang ada. Paul Greengras sudah terbukti berhasil membuat penonton terpaku dan tehibur dengan dwilogy film action thriller spy The Bourne Ultimatum dan The Bourne Supremacy yang sarat dengan adegan – adegan action seru dan juga thriller yang baik. Kali ini, tetap dengan gaya khasnya dalam membuat film action thriller, Paul dipastikan akan menggunakan sudut pandang first person view camera serta penggunaan handheld camera yang maksimal sehingga penonton bisa merasakan juga ketegangan dan action film ini secara real dan langsung. Adegan baku tembak dan ledak – ledakan pastinya akan sangat bisa dirasakan oleh penonton dalam film ini. Point plus lainnya adalah kembalinya hampir semua crew yang mendukung kesuksesan dwilogy film action thriller spy The Bourne Ultimatum dan The Bourne Supremacy. Dengan adanya dukungan dari team yang sudah berpengalaman bekerja sama dalam film tersebut, pastinya film Green Zone ini akan enak dinikmati karena kerja team yang sudah solid satu sama lain.
     Minusnya film ini hanya terletak pada jadwal edarnya yang relatif sepi untuk film seseru Green Zone ini. Umumnya, film seperti ini diedarkan pada musim panas. Di satu sisi, hal ini bisa membuat film Green Zone kurang mendapat pendapatan yang besar, tapi di sisi lain, jadwal edar di bulan yang agak sepi ini bisa membuat Green Zone mendapat pendapatan yang cukup bagus jika berhasil menarik minat penonton untuk menyaksikan filmnya. Review yang bagus di minggu – minggu awal film ini beredar bisa menjadi penentu keberhasilan film ini untuk mendulang laba yang baik. Tapi hati – hati dengan ancaman film Alice in Wonderland yang diedarkan seminggu sebelumnya. Terbukti, film Alice in Wonderland berhasil mendapat pemasukkan yag besar di minggu pertama film ini diedarkan, sehingga bisa mengancam posisi Green Zone di tangga Box Office Amerika. Selain itu, tema yang sensitif takutnya bisa membuat beberapa pihak kurang suka atau kurang menerima film ini.
     Overall, film ini adalah film yang wajib anda tonton di minggu ini. Dukungan cast and crew yang berpengalaman dalam membuat film action thriller spy The Bourne Ultimatum dan The Bourne Supremacy dan cerita yang cukup seru membuat film ini layak untuk ada tonton, khususnya bagi anda pecinta film action seru dan juga yang suka dengan pengambilan gambar yang terkesan real atau yang suka dengan film bertema peran Irak. So, bagi anda yang mencari film action seru serta ringan menghibur, atau anda penggila film – film bertema perang Irak, atau sekedar mencari film hiburan seru, baik itu sendirian ataupun bersama teman, sahabat, keluarga, atau pacar, film Green Zone layak untuk anda tonton minggu ini. Akhir kata, selamat menonton.

Copyright : Alexander ”Ajay” Dennis

Trailer :
Trailer 2:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar