Rabu, 26 Mei 2010

Preview The Losers


Preview

The Losers ( Warner Bros Pictures_2010 )

Pemain :

Sutradara : Sylvain White

Tanggal Rilis :

  • 23 April 2010 ( Amerika )
  • 27 Mei 2010 ( Di Bioskop – Bioskop Indonesia )

T

he Losers adalah film yang merupakan adaptasi dari komik berjudul sama yang dikeluarkan oleh Vertigo, anak perusahaan DC Comics yang terkenal berkat komik – komik hitnya seperti Batman, Superman, dan lain – lain. Sebelumnya, pada tahun 1970, DC Comics pernah menerbitkan komik yang berjudul sama dan berkisah tentang sekelompok tentara elite Amerika yang ditugaskan ke berbagai misi selama masa Perang Dunia II dan juga Perang Vietnam. Kreator komik The Losers Versi baru, Andy Diggle, mengaku belum pernah sekalipun membaca komik The Losers versi lawas, tapi dia memang mengakui bahwa dia terinspirasi dengan komik tersebut setelah membaca garis besar ceritanya via website. Komik yang ilustrasinya digambar oleh Jock ini cukup laku di pasaran dan cukup mendapat tempat di hati para pecinta komik.

Kesuksesan komiknya diikuti dengan berita bahwa komik tersebut akan diangkat ke layar lebar oleh Warner Bros Pictures pada tahun 2007 silam. Naskah film ini ditangani oleh Peter Berg dan juga James Vanderbilt serta akan memakai Tim Story sebagai sutradara filmnya. Namun pada bulan Oktober tahun 2008, majalah Variety memberitakan bahwa Sylvain White mengambil alih kursi sutradara dari tangan Tim Story. Selain itu, Warner Bros pun dibantu oleh Dark Castle Entertainment dalam urusan pendanaan film ini. Sang sutradara, Sylvain white, menjelaskan bahwa cerita dari film The Losers ini merupakan gabungan dari volume 1 dan 2 komik The Losers, yaitu “Ante Up” dan “Double Down”. Para penulis naskah dan sang sutradara memutuskan untuk mengambil inti – inti cerita komik volume 1 dan 2 untuk dijadikan cerita film The Losers ini. Penjelasan – penjelasan lain yang tertinggal pada komik 1 dan 2 serta volume lainnya akan diceritakan nanti lewat sekuelnya, jika film The Losers yang pertama ini sukses secara pendapatan di Box Office.

Untuk pemilihan aktor dan aktris utamanya, muncullah nama Jeffrey Dean Morgan, yang tempo hari sukses berperan sebagai The Comedian di film superhero terpuji tahun 2009 berjudul Watchmen, untuk mengisi peran utama di film The Losers ini. Morgan ditunjuk untuk berperan sebagai Lt. Col. Franklin Clay, pemimpin tim The Losers. Selain itu, muncullah nama – nama lain seperti Columbus Short yang akan berperan sebagai Sgt. Linwood 'Pooch' Porteous, Idris Elba sebagai Cpt. William Roque, Chris Evans sebagai Cpl. Jake Jensen, Óscar Jaenada sebagai Sgt. Carlos 'Cougar' Alvarez, dan Zoe Saldana sebagai Aisha. Untuk tokoh antagonis, White agak kesulitan untuk menentukannya. Barulah pada Agusutus 2009, Jason Patric resmi dikontrak dan diumumkan sebagai Max, tokoh antagonis utama film The Losers ini.

Syuting pun berjalan lancar dimulai pada bulan Juli 2009 dengan kebanyakan mengambil lokasi syuting di Miami, Florida dan Puerto Rico. Untuk jadwal edar, film ini awalnya mematok tanggal 9 April 2010. Namun, akhirnya jadwal rilis film ini dimundurkan menjadi 4 Juni 2010, mengisi jadwal rilis parade Summer Movies 2010 dengan harapan akan mendulang laba yang selangit. Tapi, karena sudah banyak film yang mengisi slot rilis pada tanggal 4 Juni 2010 tersebut ( ada Marmaduke, Splice, Killers, dan Get Him to the Greek ), maka film ini akhirnya menetapkan tanggal 23 April 2010 sebagai tanggal rilis resmi film ini, dengan harapan mencuri start parade Summer Movies 2010. Selain itu, pada tanggal tersebut, saingan film The Losers tergolong sedikit, sehingga The Losers mempunyai peluang untuk mengeruk laba yang besar pada tanggal tersebut.

Film yang diangkat dari komik yang beredar mulai dari Agustus 2003 sampai dengan Maret 2006 ini berkisah tentang sebuah tim United States Spesial Forces bernama The Losers yang dikumpulkan oleh CIA untuk menjalankan misi – misi berbahaya di seluruh negara demi kepentingan Amerika. Tim ini beranggotakan Clay ( Morgan ) sebagai pemimpin tim dan pandai dalam urusan taktik pertempuran dalam kondisi apapun; Rogue ( Elba ) sebagai wakil pemimpin yang besar, kuat, tapi sayangnya mata duitan; Jensen ( Evans ) yang merupakan seorang hacker handal tapi bawel dan juga konyol; Cougar ( Jaenada ) sang sniper bertopi koboi; serta Pooch ( Short ) yang merupakan pilot handal dan jago dalam mengendarai segala jenis kendaraan, baik itu kendaraan darat, laut, dan udara. Suatu ketika, The Losers mendapat misi search and destroy di sebuah hutan di Bolivia. Siapa menyangka, bahwa ternyata, dalam misi tersebut, The Losers justru dikhianati oleh CIA. Mereka direncanakan akan dibunuh ketika proses evakuasi misi di hutan Bolivia tersebut dijalankan. Misi pengkhianatan tersebut berhasil dan The Losers pun dinyatakan tewas dalam pertempuran ( KIA alias Killed in Action ). Tapi ternyata, keberuntungan masih menyertai The Losers. Mereka ternyata masih hidup dan sekarang sedang bersembunyi untuk mencari tahu siapa dalang misi pengkhianatan tersebut dan juga sedang merencanakan misi balas dendam terhadap siapapun yang terlibat dalam misi pengkhianatan tersebut. Secara tidak sengaja, The Losers mendapat bantuan dari seorang wanita misterius bernama Aisha ( Saldana ) yang juga ahli bertarung dan jago dalam strategi pertempuran. Setelah mengetahui bahwa dalang misi pengkhianatan tersebut ternyata seorang petinggi CIA bernama Max ( Patric ), maka dimulailah perencanaan dan eksekusi misi balas dendam The Losers dan juga Aisha terhadap siapa saja yang berani mengkhianati mereka. Lalu, bagaimana dengan ending misi The Losers dan Aisha? Apakah mereka berhasil menjalankan misi balas dendam tersebut? Lalu, siapakah sebenarnya Aisha? Apakah motif utama cewek tangguh ini untuk ikut terlibat dalam misi The Losers kali ini? Well, kalau mau tahu jawabannya, silakan saksikan filmnya di bioskop – bioskop kesayangan anda yang rencananya akan beredar pada tanggal 27 Mei 2010 nanti.

Sekali lagi, harus diakui, hampir mirip seperti film Prince of Persia : The Sands of Time yang akan beredar hampir bersamaan di Indonesia dengan film The Losers ini, bahwa film The Losers ini sayangnya tidak menjual secara bobot cerita. Ceritanya benar – benar khas komik banget. Tapi, itulah memang beban ( atau mungkin bisa disebut sebagai penyakit?? He3. XD ) yang harus ditanggung oleh banyak film – film yang memang diangkat dari komik. Cerita film The Losers bisa dipastikan tidak akan bisa berkembang banyak, apalagi menyuguhkan twist – twist seru seperti film – film action thriller lainnya. Yang menjadi jualan utama film The Losers ini pastilah adalah adegan – adegan action yang diharapkan bisa membuat para penggemar film action dan juga fans setia komiknya akan terpuaskan dahaganya. Fakta lainnya yang juga merupakan kemiripan antara The Losers dan Prince of Persia : The Sands of Time adalah kedua film ini sama – sama diproduseri oleh produser film – film Hollywood spesialis film – film action adventure seru. Kalau Prince of Persia diproduseri oleh Jerry Bruckheimer, maka The Losers diproduseri oleh Joel Silver. Produser tenar yang satu ini sudah kita kenal film – film hasil produksinya, seperti tetralogy Lethal Weapon, The Matrix Trilogy, dan masih banyak film – film seru lainnya. Pastinya, dengan dukungan Joel Silver, maka film ini akan dipastikan seru dan juga mantap sebagai film hiburan.

Dukungan Joel Silver sebagai produser film inipun diperkuat oleh bintang – bintang kuat macam Jeffrey Dean Morgan, Idris Elba, Zoey Saldana yang tahun lalu sukses lewat film MEGAHIT Avatar, dan Chris Evans, sang pemeran Captain America dalam film adaptasi yang paling ditunggu oleh banyak fans setia komiknya sejak dulu, yaitu Captain America : The First Avenger. Ke 4 nama aktor dan aktris ini begitu kuat menyedot perhatian para calon penonton agar mau menyaksikan film The Losers ini di bioskop – bioskop kesayangan mereka. Terlihat pula dari trailer yang dirilis ke public sebagai trailer pembuka film Edge of Darkness, bahwa film The Losers ini akan menyisipkan adegan – adegan humor konyol lewat tokoh Jensen yang memang menjadi peran membanyol dalam film dan juga komik The Losers. Tak cuma itu, trailernya pun juga mengindikasikan akan menjual adegan – adegan action seru dan mantap. Review tentang film ini di Amerika pun cukup positif, terutama untuk adegan – adegan action dan juga humornya.

Kekurangan film ini justru muncul dari sang sutradara, Sylvain White, yang resume film – filmnya selama ini justru kurang meyakinkan. Hanya film Stomp the Yard saja yang mungkin pernah diingat oleh para penggemar film – film Amerika. Sisanya, kebanyakan film – film produksi White justru langsung masuk dalam format video ketimbang beredar secara luas di bioskop – bioskop. Kalau tidak masuk langsung ke format video ( direct to video ), film – film karyanya biasanya masuk dalam skala film – film kecil atau independent. Memang, kualitas dan kehandalan sang sutradara dalam membuat film – film non blockbuster atau film – film dengan dana produksi terbatas tidak perlu diragukan lagi. White pernah menerima beasiswa untuk kuliah di Pomone College dan lulus dengan gemilang dalam subjek Media Studies. Selain itu, beberapa film pendeknya, seperti The 25th Frame dan Urban Short Circuit Mind Scrape menerima berbagai penghargaan film bergengsi, salah satunya adalah The Directors' Guild of America Short Film Awards. Selain itu, White pun juga terkenal di Amerika, Eropa, dan Jepang sebagai sutradara spesialis video clip music dan iklan TV dan sudah pernah menerima berbagai penghargaan bergengsi untuk karya – karya iklan dan juga video clip music – nya, diantaranya MTV Music Video Awards dan 2001 Music Video Production Association Awards pada tahun 2001 silam. Dengan prestasi – prestasi tersebut, sebenarnya White tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Namun, tetap saja, ketika diberi dana cukup besar untuk mengarahkan sebuah film action, apakah White mampu menghidupkan film tersebut sesuai dengan bujet yang diberikan padanya, minimal untuk menghibur para pecinta film – film action seru? Kita lihat saja hasilnya.

Overall, film The Losers ini tetap merupakan film yang WAJIB untuk anda tonton minggu ini, apalagi untuk menyambut libur Long Weekend minggu ini. Cerita yang simple dengan kadar action, humor, dan hiburan yang dijanjikan tidak akan mengecewakan anda, plus dukungan produser Joel Silver yang sudah berpengalaman dalam hal memproduseri film – film action adventure seru, membuat film ini boleh ditonton oleh anda – anda sekalian, apalagi bagi yang sedang ingin melepas stress dan mencari film simple yang ringan menghibur semata tanpa perlu berpikir ruwet dengan jalan ceritanya. Menjadikan film ini sebagai film selingan sebelum anda masuk ke dalam studio untuk menonton film Prince of Persia : The Sands of Time di bioskop kesayangan anda? Boleh juga tuh. He3. XD. Akhir kata, selamat menonton.

Copyright : Alexander ”Ajay” Dennis

Trailer 1:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar