Sabtu, 15 Agustus 2009

Preview District 9


Preview
District 9 ( Tristar Pictures_2009 )

Pemain : Sharlto Copley as Wikus Van De Merwe
                Jason Cope as Grey Bradnam - UKNR Chief Correspondent
                Nathalie Boltt as Sarah Livingstone – Sociologist

Director : Neill Blomkamp

Rilis : 
• 14 Agustus 2009 ( Amerika )
• 15 Agustus 2009 ( Midnight Show di Bioskop – Bioskop Indonesia )
• 19 Agustus 2009 ( Di Bioskop – Bioskop Indonesia )

     Pada tahun 2005 yang lalu, keluarlah sebuah film dengan style dokumenter pendek berdurasi 6 menit-an berjudul Alive in Joburg yang dibesut oleh sutradara Neill Blomkamp yang menceritakan tentang kedatangan alien di Afrika Selatan dan kemudian menetap di Afrika Selatan. Awalnya, alien – alien tersebut disambut dengan baik disana, tapi lama kelamaan, alien – alien tersebut mulai dianggap mengganggu akibat sering mencuri, clash dengan pihak aparat berwajib, dan mulai memperluas area tempat tinggal mereka. Akhirnya, mereka pun dipaksa untuk menghuni sebuah area bernama District 9. 
     Film District 9 ini merupakan film panjang (atau bisa juga dikategorikan sebagai sekuel atau kelanjutan ) dari film style dokumenter Alive in Joburg itu sendiri. Film ini teaser trailernya beredar pada tanggal 1 Mei 2009 dan saya terkesan biasa - biasa saja terhadap trailer filmnya. Tapi di sisi lain, saya jadi penasaran, bakal menjadi seperti apa sich film ini nantinya? Akhirnya, Official Theatrical Trailer film ini beredar pada tanggal 8 Juli 2009 dan dari trailer inilah, mulai ada ketertarikan saya terhadap film ini. Trailernya mulai memberikan dengan jelas mengenai cerita film ini dan dibumbui dengan adegan – adegan action cool serta cukup menarik perhatian. Film ini mulai mendapat perhatian cukup bagus dari para calon penonton lewat panel diskusi dan preview film ini bagi kalangan terbatas pada pameran San Diego Comic Con 2009. Terbukti, para penonton yang berhasil menonton Preview film ini rata – rata memuji film ini. Lalu, ketika Press Screening pada 12 Agustus 2009 kemarin, film ini langsung memperoleh banyak pujian dari para kritikus film di Amerika Serikat.
     Film District 9 ini bercerita tentang kontak pertama alien ke bumi yang dimulai sekitar 30 tahun yang lalu. Ketika itu, pesawat UFO besar melayang di atas Afrika Selatan. Manusia bumi pun awalnya menerima kehadiran para alien tersebut di bumi. Tapi, lama kelamaan, mulailah terjadi clash antara alien – alien tersebut dengan manusia dan alien – alien tersebut pun dipaksa untuk kerja paksa dan menetap di sebuah wilayah kumuh bernama District 9. Tak hanya itu, akhirnya dibentuklah pasukan khusus yang dipegang oleh Multi Nasional United ( MNU ), sebuah perusahaan swasta yang akan mendapat keuntungan besar jika berhasil menciptakan senjata yang mampu membunuh alien – alien tersebut. MNU bertugas untuk mengawasi, menginspeksi, bahkan akan mengambil tindakan tegas terhadap alien yang berani untuk melawan mereka, melanggar batas wilayah, dan juga yang melanggar peraturan – peraturan yang telah ditetapkan bagi para alien tersebut. Ketegangan memuncak ketika salah seorang petugas lapangan MNU, Wikus van der Merwe (Sharlto Copley), terinfeksi virus alien misterius di area District 9 tersebut dan mengubah DNA dirinya menjadi setengah Alien dan setengah Manusia. Tak ayal, Wikus pun akhirnya menjadi manusia ( atau bahkan bisa dikatakan sebagai makhluk? ) yang paling dicari di muka bumi ini. Dia diincar oleh MNU karena dengan DNA dirinya, Wikus bisa menghasilkan senjata mematikan bagi para alien dan tetap harus dibunuh agar bisa dipelajari anatomi tubuhnya dan juga merupakan gangguan paling besar bagi MNU yang bisa mengancam kehidupan manusia. Pihak Alien pun tidak tinggal diam dan berusaha untuk melacak Wikus guna dilindungi dari kejaran para pasukan MNU serta berusaha untuk menghabisinya jika dia berbuat macam – macam. Wikus pun terjebak di tengah – tengah keadaan super genting ini, dan diapun harus belajar dan berusaha agar tetap bisa bertahan hidup dari serangan para musuh yang mengincarnya.
     Premis yang menjanjikan? Bisa dikatakan iya. Selain dari nilai preview yang wah banget di Amerika sana, film ini juga memiliki marketing campaign yang menarik, mulai dari poster bertuliskan ”This Bus (or This Car) for Humans Only”, website yang menarik dan unik (www.D–9.com), sampai pada nama sutradara kaliber Oscar yang menjabat sebagai produser film ini, Peter Jackson, yang terpampang di poster film ini, pastinya membuat orang tergugah untuk menyaksikan film ini dan berpikir, sebagus apa sih film ini? Yang jelas, film ini akan memakai format gambar semi dokumenter sehingga akan membuatnya terkesan cukup real bagi para penontonnya. 
     So, penasaran dengan film ini? Anda bisa menonton film ini hari ini juga ( Sabtu, 15 Agustus 2009 ) untuk jadwal Midnight Show nya di bioskop – bioskop 21, XXI, dan BlitzMegaplex di Indonesia ini dan akan diputar secara reguler playtime di bioskop – bioskop Indonesia nanti pada tanggal 19 Agustus 2009. Yang pasti, bagi para alien di muka bumi ini, sesuai dengan tagline film ini, ”You are NOT Welcome HERE!!”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar