Senin, 31 Agustus 2009

Review The Hangover


Review 
The Hangover
Pemain : Bradley Cooper as Phil Wenneck
                Ed Helms as Stu Price
                 Zach Galifianakis as Alan Garner
                 Justin Bartha as Doug Billings
                 Mike Tyson as himself

Director : Todd Phillips

Rilis : 
• 5 Juni 2009 ( Amerika )
• 22 Agustus 2009 ( Midnight Show di Bioskop – Bioskop Indonesia )
• 26 Agustus 2009 ( Di Bioskop – Bioskop Indonesia )

     The Hangover adalah film yang menjadi kuda hitam diantara kepungan film – film seru selama Summer Movies tahun 2009 ini. Dengan promosi yang terbilang tidak segila – gilaan film pesaing lainnya, film ini toh tetap dengan mantap menembus angka 100 juta US$ selama peredarannya di Amerika Serikat saja. Malah, dengan tidak terduga, film ini berhasil meng – KO film pesaingnya pada minggu itu, yaitu Land of the Lost. Sebenarnya, apa sih rahasia kesuksesan The Hangover ini?
     Sebelumnya, mari kita lihat ulang ceritanya. Berkisah tentang Doug yang sebentar lagi akan menikah dengan seorang wanita, tepatnya, Doug akan menikah sekitar 2 hari lagi. Temen – temen Doug yang merupakan gerombolan edan dan juga slenge’an yang terdiri dari Phil, Stu, dan Alan, membawa dengan paksa Doug ke Las Vegas untuk mengikuti pesta bujangan. Pesta berlangsung gila – gilaan dan kacau balau sampai akhirnya, trio edan dan Doug pun kecapaian dan tertidur pulas di kamar hotelnya. Pagi – pagi buta, trio edan itu kalang kabut karena Doug menghilang dan mereka ternyata mendapati hal – hal ajaib yang tidak bisa mereka duga sebelumnya, seperti menemukan seekor macan di kamar mandi dan bayi berusia enam bulan di kamar mereka di hotel Caesars Place. Satu hal yang juga tidak mereka temukan adalah Doug. Kalang kabut, tidak ada petunjuk, dan dikejar oleh waktu, trio edan ini pun berusaha untuk menemukan dan membawa pulang Doug agar bisa menghadiri pernikahannya sendiri dan berusaha untuk mencari tahu, sebenarnya, apa sih yang telah terjadi selama 1 malam sebelumnya yang gila – gilaan tersebut serta berusaha untuk mencari pemecahan masalahnya masing – masing.
     Dari cerita di atas, film ini mengundang rasa kepenasaran penonton dengan apa yang terjadi dengan keempat orang itu. Selain itu, pemecahan permasalahannya akan seperti apa. Itu yang membikin menarik film ini. Tapi ternyata, hasilnya justru lebih baik lagi ketimbang perkiraan para penonton awam sebeumnya. Film ini dengan cerdik menurut saya berhasil menambahkan plot kejutan lainnya selama film ini berlangsung. Pemecahan masalahnya pun juga terbilang cool dan tidak diduga sebelumnya serta terkesan konyol. Cerita mengalir lancar dan mendukung pemecahan masalah terhadap misteri yang ada. Bumbu konyolnya pun juga pas dan kocak, tapi ya memang kelihatannya tidak bisa diterima semua pihak. Saya sih merasanya kocak film ini, tapi saya juga berpikir bahwa kayaknya film ini komedinya tidak bisa diterima semua piak juga deh. Mungkin akibat joke nya yang terlalu kebule – bulean kali ya. Durasinya terhitung pas dengan ceritanya sehingga tidak membosankan penonton. Para pemainnya pun juga bermain pas, termasuk petinju Mike Tyson yang berperan sebagai dirinya sendiri pun juga cukup mencuri perhatian dan bisa membuat penonton tertawa.
     Overall, film ini saya nilai berhasil sebagai sebuah film komedi dewasa yang komplit dan juga bagus untuk mereka yang memang sedang butuh hiburan komedi dewasa. Dengan cerita yang unik dan membuat penasaran, pemecahan masalah yang cool serta konyol, para pemain yang mendukung juga OK, durasi yang pas, dan tentunya, komedi yang juga bisa membikin ketawa ( minimal tersenyum ), membuat film The Hangover memang layak disebut sebagai sebuah film komedi dewasa yang sukses di Amerika Serikat sana dan tentunya dengan gemilang mendapat pendapatan diatas 100 juta US$ serta disukai para kritikus film disana plus dengan sukses meninju film bodoh Land of the Lost yang kualitasnya kalah jauh dibanding The Hangover. Good job Guys.
 
Point :
Cerita               = 8 / 10
Pemeran          = 7 / 10
Kriteria khusus :
Komedi             = 7 / 10
Pemecahan 
masalah           
= 7 / 10
Unsur Hiburan= 7 /10
Total                 = 7 / 10

 
Copyright : Alexander ”Ajay” Dennis



Tidak ada komentar:

Posting Komentar