Jumat, 07 Agustus 2009

Preview film G.I Joe : The Rise of COBRA


Preview

G.I Joe : The Rise of COBRA ( Paramount Pictures_2009 )

Pemain : Dennis Quaid as Hawk
  Channing Tatum as Duke
  Sienna Miller as Baroness

Sutradara : Stephen Sommers

Rilis =
• 7 Agustus 2009 ( Amerika )
• 7 Agustus 2009 ( Di Bioskop – Bioskop Indonesia ) 


G.I Joe merupakan tokoh mainan yang populer di Amerika sekitar tahun 1980-an lewat pemegang lisensi Hasbro, yang seperti kita ketahui, juga merupakan pemegang lisensi Transformers. Sebenarnya, proyek adaptasi G.I Joe menjadi sebuah live action movies sudah dimulai dari tahun 2000 kemarin. Sayang, skrip yang tersedia berkai – kali ditolak. Tak Cuma itu, film ini pun juga berkali – kali gonta ganti sutradara, sampai akhirnya, Stephen Sommers pun maju dan kemudian, cerita buatan disetujui, sehingga berjalanlah proyek ini. Trailer film ini pertama kali diluncurkan lewat format TV Spot SuperBowl 2009 kemarin, bersamaan dengan TV Spot Transformers : Revenge of the Fallen dan juga UP.
     Plot film ini terhitung sederhana banget, sampai – sampai anak TK pun bisa mengikutinya. Bercerita tentang sekelompok tim elit militer bernama G.I Joe pimpinan Hawk ( Quaid ) dengan pemimpin squad bernama Duke ( Tatum ) yang berusaha untuk menghentikan kegiatan terorisme di dunia. Salah satu tim teroris yang sedang berkuasa adalah MARS pimpinan Destro dengan tangan kanan seorang wanita bernama Baroness ( Miller ) yang mempunyai hubungan masa lalu dengan Hawk. Tak hanya itu, salah satu anggota MARS yang bernama Storm Shadow pun juga memiliki masa lalu dengan seorang anggota G.I Joe bernama Snake Eyes. MARS pun mulai membuat kekacauan di muka bumi ini dan G.I Joe bertugas untuk melumpuhkannya, walaupun tanpa disadari oleh tim G.I Joe, bahwa nantinya, akan ada kelompok terorisme yang lebih besar lagi bernama COBRA pimpinan COBRA COMMANDER.
     Jelas, lewat plot yang super tipis dan tidak berbobot seperti ini, G.I Joe hanya bertujuan untuk menghibur penontonnya dengan action super seru dan special efek yang memukau daripada membebani penonton dengan cerita yang berat dan berbobot. Film ini menargetkan dengan jelas audience penontonnya, yaitu anak – anak, remaja, orang dewasa yang mencari hiburan semata, serta para fans komik, mainan, dan kartun G.I Joe. Oleh sebab itu, cerita dibikin se simple mungkin dengan memaksimalkan efek dan action nya. Terlihat, dari trailer dan TV Spot yang dikeluarkan, film ini memang hanya bertujuan untuk menghibur penontonnya saja. Tapi, apakah dengan tujuan hanya untuk menghibur saja, film ini akan cukup bagi para penontonnya ? Berkaca dari kekurang sukaan saya terhadap kualitas film Transformers : Revenge of the Fallen, saya agak cukup pesimis dengan kualitas dan hasil akhir G.I Joe. Memang, sejak awal saya melihat trailer dan TV Spot film ini, saya tidak terlalu banyak berharap terhadap film ini. Tapi tetap saja, film ini akan menjadi tanda tanya bagi saya. Plus, film ini tidak akan diputar preview nya di kalangan pers dan kritikus film sebelum film ini diedarkan ke kalangan umum ( biasanya, film – film berbujet besar serta ditunggu – tunggu oleh publik memberikan advanced screening khusus bagi para kritikus – kritikus film dan kalangan terbatas ) dengan alasan filmnya tidak mau dihujat oleh para kritikus – kritikus film. 
Walau begitu, film ini sudah diputar terbatas bagi kalangan blogger – blogger terkenal dan para kritikus film – film khusus untuk hiburan semata secara terbatas dan semuanya memberikan hasil positif terhadap hasil film ini. Selain itu, walaupun dengan kritik – kritk dan cibiran dari para kritikus, rata – rata film seperti ini tetap saja laku di pasaran dan mendapat hasil Box Office yang bagus. Terbukti, film Transformers : Revenge of the Fallen yang mendapat nilai rendah serta cibiran dari para kritikus sekalipun melaju dengan kencang hasil Box Office nya, dengan pendapatan 324 juta US$ hanya di Amerika Utara nya saja. So, bagaimana dengan G.I Joe : The Rise of COBRA? Kita lihat saja sepak terjangnya, sesuai dengan kalimat yang diucapkan tokoh Duke di trailer nya : When all else fails, We DON’T!. We Hope so, Duke. He3. XD.


NB : Sekedar info tambahan, film ini sudah bisa dibeli tiketnya dari hari rabu kemarin tanggal 5 Agustus 2009 untuk sampai pada pemutaran tanggal 11 Agustus 2009, khusus untuk penonton yang ingin menonton film ini di BlitzMegaplex.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar